AKHIR SEMESTER 1

Assalamualaikum Wr.Wb.

Tak terasa, sudah hampir 1 minggu anak-anak mengikuti Ujian Akhir Semester 1. Setelah Ulangan, pasti semua ingin mengetahui hasil ulangannya tak terkecuali para orang tua. Dalam kurikulum sekarang (Kurikulum Nasional) atau yang populer dikenal sebagai kurikulum 13 bahwasannya tidak ada rangking yang muncul di dalam rapot.

Sering orang tua murid bertanya, " pak/bu bu guru, anak saya rangking berapa?". Paradigma / cara pandang ini sekarang perlu kita rubah. Dengan adanya kurikulum ini, anak bukan dibandingkan dengan kemampuan teman satu kelasnya, tetapi sejauh mana anak-anak sudah menguasai materi yang di perlajari. perntanyaan yang muncul harusnya, "Pak/bu guru anak saya sudah bisa apa ya sekarang?'atau "Pak/bu guru, kompetensi apa yang belum dikuasai oleh anak saya?"

Jadi sekarang bukan berlomba-lomba untuk mencari rangking atau peringkat kelas, tetapi berlomba-lomba sudah sejauh mana kompetensi yang diajarkan dikuasai oleh anak kita. Sebagai orang tua, kita sebaiknya memberikan pengertian kepada anak kita bahwa, nilai yang diperolah merupakan ukuran kemampuan yang telah dikuasai dan bukan untuk dibandingkan dengan nilai temannya. Karena setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti contoh si A, kemampuan dalam berhitungnya memang kurang tetapi dalam bahasa / komunikasi lebih baik, jadi kemampuan anak yang menonjol itulah yang sebaiknya mendapatkan perhatian untuk dikembangkan. 

Semoga ini dapat merubah cara pandang kita dalam membimbing anak-anak kita amin.

Berikut pak guru sampaikan jumlah nilai hasil rapot semester 1, jumlah ini pak guru haarapkan untuk menjadi pemicu ananda dalam belajar untuk terus semangat. Bukan diabandingkan dengan jumlah nilai teman ananda. 

Silahkan ananda jumlah hasil rapor yang sudah ananda terima, P untuk nilai Pengetahuan, sedangkan K untuk nilai Ketrampilan. Semoga data ini dapat menjadi penyemangat ananda untuk terus belajar dan berusaha. 
"MAN JADDA WA JADA" 
"SIAPA YANG BERSUNGGUH_SUNGGU PASTI AKAN BERHASIL"


Selamat berlibur dan TAHUN BARU, semoga tahun depan lebih baik dari tahun sekarang, amin.


Wassalam

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Mengenai Saya

Statistik Blog

Cari Blog Ini

Recent Posts

MOTTO

Kecerdasan berfikir akan tercermin pada akhlak yang mulia

Orang yang berilmu akan lebih tinggi derajatnya

Kekayaan abadi adalah ilmu yang bermanfaat

Tak ada kata terlambat untuk belajar, belajar sampai tutup usia

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.