VIRTUAL TRAINING CONFERENCE (VCT) BATCH 1 TAHUN 2018

VIRTUAL TRAINING CONFERENCE (VCT)
 BATCH 1 TAHUN 2018

Rafiqah Awalyatun


VCT 1  dimulai pada tanggal 13 november 2018, yang digagasi oleh Bapak Gatot Hari Priowirjanto untuk memajukan pendidikan di seluruh Nusantara.  Bersama para trainer terlatih  (Pak Khairuddin, Teteh Umi Tira Lestari, dan mbak Siti Zulaiha) VCT1 dan guru-guru pembelajar bermotivasi dalam berbagi ilmu pengetahuan baik metode mengajar, media pembelajaran, penilaian kinerja guru, kurikulum STEAM, pengalaman mengajar, dan mengenalkan eksotik indahnya negeriku.



Saya, Rafiqah Awalyatun, akan berbagi pengalaman saya dalam mengikuti kegiatan VCT 1 ini.VCT 1 dilaksanakan secara online yang sudah pasti akan menguras kuota untuk mengikuti kegiatan tersebut, namun jangan langsung kecil hati karena ilmu dan pengalaman yang kita dapat sebanding dengan kuota yang tergerus bahkan mungkin lebih banyak yang kita dapati.

Hal-hal apa yang kita peroleh dalam mengikuti kegiatan VCT ini? Disini saya dilatih bagaimana membuat flyer untuk mengajak rekan-rekan guru bahkan umum untuk bergabung dengan menggunakan beberapa software pendukung seperti myposter, canva.com, powerpoint, dll. Membuat deskripsi singkat sebagai pendukung flyer, membuat absensi peserta VCT, menjadi moderator, menjadi host, menjadi narasumber, merecord kegiatan VCT yang sedang berlangsung secara online, mengupload ke youtube.


Tidak itu saja, pegalaman-pengalaman para rekan guru di seluruh Indonesia pun saya dapatkan. Kalau difikir kegiatan ini dapat menyamakan pembelajaran seluruh Indonesia, meskipun harus kembali dimodifikasi untuk disesuaikan dengan keadaan lingkungan kita. Setidak-tidaknya tidak ada lagi kesenjangan yang terlalu signifikan. Berbagai ide-ide kreatif maupun saran-saran dari rekan guru bahkan para pakar bidang pendidikan saling berbagi dan memotivasi dalam kegiatan VCT ini.

Kendala yang dihadapi dalam kegiatan ini adalah tak lain jaringan, karena VCT dilakukan secara online melalui webex yang disponsori oeh SEAMEO. Menariknya setiap para peserta VCT akan saling back up mengisi kendala dan kekosogan yang muncul ditengah-tengah online. Persahabatan dan kekeluargaan terjalin, siapa sangka seseorang yang jauh  contohnya guru dari Papua menjadi keluarga kita meski hanya mengenal di dunia maya, dan bukan hal mustahi jika kita berkunjung ke sana kita sudah memiliki saudara. Dan selain itu, kebahagiaan bagi saya selaku guru setelah mengikuti kegiatan ini sebuah sertifikat didapatkan jika serangkaian proses diatas diikuti dengan baik hingga selesai.


Penyerahan Sertifikat VCT Secara Simbolis

SERTIFIKAT VCT
Demikian serangkaian perjalanan kecil namun syarat makna bagi saya dalam mengikuti kegiatan VCT batch 1. Maju terus Indonesia dan bersatupadu dalam membangun pendidikan Indonesia dalam Revolusi Industri 4.0.
Kini VCT Batch 2 kembali di buka! Daftar dan bergabunglah bersama guru-guru pembelajar yang keren dan mau berbagi.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Mengenai Saya

Statistik Blog

Cari Blog Ini

Recent Posts

MOTTO

Kecerdasan berfikir akan tercermin pada akhlak yang mulia

Orang yang berilmu akan lebih tinggi derajatnya

Kekayaan abadi adalah ilmu yang bermanfaat

Tak ada kata terlambat untuk belajar, belajar sampai tutup usia

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.